Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Batang / Info Penting / Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang

Informasi Penting

Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang


Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai bentuk evaluasi kinerja dan komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang optimal. Survei ini dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.


Survei dilakukan pada Triwulan I (Januari-Maret 2025) dan Triwulan II (April-Juni 2025)dengan melibatkan 80 responden yang berasal dari berbagai unsur masyarakat, termasuk guru, siswa, orang tua/wali murid, pelaku seni dan budaya, serta masyarakat umum yang menerima layanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Berdasarkan hasil survei, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang berada pada angka skor IKM 93.06 , yang dikategorikan “Sangat Baik”. Beberapa aspek pelayanan yang mendapat penilaian tinggi antara lain:


1. Kecepatan dan ketepatan pelayanan.

2. Kualitas informasi yang disampaikan.

3. Keramahan dan kesopanan petugas.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, Bambang Suryantoro S, S,H ., M.Si menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam survei ini.

“Kami berterima kasih atas masukan yang diberikan. Hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik di bidang pendidikan maupun kebudayaan, demi kemajuan Kabupaten Batang,” ujarnya.


Dari survei tersebut, beberapa masukan yang menjadi perhatian untuk peningkatan pelayanan ke depan  seperti peningkatan sarana prasarana pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi, dan pemerataan program kebudayaan.


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang berkomitmen untuk menindaklanjuti hasil survei ini melalui langkah-langkah perbaikan berkelanjutan, sehingga kualitas pelayanan publik dapat semakin baik dan sesuai dengan harapan masyarakat.


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang

Profesional Akuntabel Melayani



Download Lampiran :